Kayu Kompas Memiliki Karakteristik Yang Sangat Bagus

Masyarakat sejak dulu sudah sering memakai kayu kompas terutama dalam pembangunan. Jenis material ini memang sudah dikenal memiliki karakteristik yang sangat bagus, sehingga sering dimanfaatkan dalam berbagai jenis bangunan seperti bangunan ringan atau berat.

Material ini sebenarnya cukup mudah diakses di Indonesia, meskipun lebih mudah diakses di wilayah tertentu seperti Sumatera dan Kalimantan. Bisa dibilang material ini cukup langka, bahkan Indonesia sendiri juga masih sering memasok dari negara tetangga saat butuh.

Statusnya yang langka menjadi tanda bahwa material ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Jika Anda ingin membangun rumah, gedung atau lainnya, tentu bisa memakai material ini dengan lebih memahami apa saja karakteristiknya terlebih dulu.

Mengenal Kayu Kompas yang Sering Digunakan Oleh Masyarakat

Karakteristik Kayu Kompas dalam Bangunan

Dalam membangun bangunan, Anda perlu tahu apa jenis materialnya yang paling bagus dan cocok digunakan. Jika ingin memakai jenis kompas untuk bahan bangunan, tentu Anda harus memahami dulu beberapa karakteristik hebatnya berikut ini.

1.  Tingkat Kekuatannya Tinggi

Karakteristik utama kayu kompas adalah tingkat kekuatannya tinggi. Sebenarnya kayu itu sendiri sudah memiliki kekuatan yang baik, namun jenis ini termasuk golongan yang paling kuat. Sehingga banyak orang mengandalkannya untuk membuat pondasi atau sejenisnya.

Tingkat kekuatannya yang tinggi juga sudah diakui di luar negeri. Oleh karena itu tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang memakai material ini untuk keperluan bangunan. Dengan tingkat kekuatan tinggi, Anda bisa lebih tenang dan mempercayakan beban pada kayunya.

2.  Memiliki Warna Khusus

Karakteristik kedua adalah kayunya memiliki warna khusus, sehingga mudah dikenali. Warna kayunya adalah kelabu dan ada sedikit unsur kuning. Jadi memang tidak seperti warna kayu pada umumnya yang berwarna cokelat. Terkadang warnanya tampak seperti merah cokelat.

Kayu kompas memiliki lapisan – lapisan dengan warna berbeda. Jadi warna abu – abu adalah lapisan paling luarnya. Lapisan berwarna abu – abu tersebut tampak rapuh, namun sebenarnya lapisan di bagian dalam memiliki struktur padat dan sangat kuat.

3. Pengolahan Membutuhkan Alat

Karakteristik ketiga adalah pengolahannya tidak begitu mudah, karena struktur dan kekuatan terbaiknya. Itu sebabnya dalam pengolahan material ini, Anda pasti membutuhkan alat khusus seperti gergaji mesin dan sejenisnya. Anda tidak bisa memakai kapak biasa untuk ini.

Serbuk dari kayunya juga bisa dihasilkan dari mesin, bisa digunakan untuk pupuk atau keperluan lainnya. Material ini memang bisa diolah dengan cepat asalkan tidak manual. Bahkan proses penebangannya dengan mesin juga bisa memakan waktu karena sangat tebal.

4. Bersifat Kokoh dan Tahan Lama

Karakteristik keempat kayu kompas adalah bersifat kokoh dan tahan lama. Hal ini sudah bisa dilihat dari tingkat kekuatannya yang paling tinggi. Wajar saja jika kokoh bisa menahan beban berat dan diandalkan di berbagai jenis Pembangunan.

Dengan karakteristik tahan lama, Anda pasti bisa menghemat biaya renovasi, karena sudah tidak perlu mengganti kayunya berulang kali. Bahkan material ini juga bisa dijual lagi untuk keperluan bangunan lain.

5.  Fungsinya Banyak

Karakteristik terakhir adalah fungsinya banyak. Bisa digunakan untuk bangun rumah, gedung mall, restoran, jembatan dan rel kereta api. Saat ini penerapan kayunya sudah semakin banyak dilakukan dan terbukti benar – benar kuat menahan beban besar.

Setelah memahami apa saja karakteristiknya, tentu Anda ingin mencoba memakainya untuk bangunan. Dengan memakainya, Anda bisa mempertahankan bangunan yang kokoh. Jika ingin memesan kayu kompas untuk keperluan bangunan, segera hubungi kami.