Shorea laevifolia Endert atau biasa disebut dengan Kayu Bengkirai merupakan jenis kayu keras yang paling banyak dicari karena memiliki keistimewaan dibanding dengan jenis kayu lainnya.

Kayu bengkirai termasuk juga dalam keluarga Dipterocarpaceae yang mana banyak tumbuh di hutan tropis wilayah Kalimantan yang memiliki tekstur tanah liat, berpasir dan tanah podzolik. Di Kalimantan, Kayu bengkirai memiliki nama daerah seperti Anggelam dan Benuas.

Selain di Indonesia, jenis kayu bengkirai juga terkenal di berbagai Negara seperti UK, USA, France, Spain, Italy, Serawak, Netherland, Jerman, dll.

Kayu ini memiliki ciri tekstur yang halus dan alur serat yang lurus sehingga memiliki kesan raba yang halus. Dengan proses penghalusan (amplas) yang baik dan benar, maka kayu bengkirai akan semakin halus dan seratnya semakin tampak sehingga menimbulkan efek mewah pada kayu. Namun dalam pengerjaannya, Kayu Bengkirai sangat sukar, kayu ini tergolong kayu keras yang tidak mudah untuk di paku.

Untuk penggunaan kayu bengkirai pun banyak sekali yang diantaranya dapat digunakan sebagai kayu bangunan, tiang penopang jembatan, tiang listrik, bantalan rel kereta api, kayu perkapalan dan konstruksi berat lainnya. Bahkan saat ini kayu bengkirai sering juga di gunakan sebagai dekorasi bangunan seperti di hotel-hotel mewah.

Guna memperoleh kayu ini pun tergolong sulit, selain harganya yang cukup mahal, kayu ini pun termasuk yang dilindungi oleh pemerintah sehingga perijinan pembelian pun diperketat. Akan tetapi tak perlu khawatir, karena kami mampu jual kayu untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan jenis kayu bengkirai ini dengan perijinan yang lengkap dari pemerintah.